EFEK KOPI BAGI WANITA

efek kopi bagi wanita

Pengaruh minum kopi bagi Wanita dalam jumlah banyak ada beragam, mulai dari mempengaruhi kesuburan sampai mempengaruhi masalah pada bayi atau janin. Apabila masih dalam aturan yang ditentukan, Wanita maupun yang lagi meyusui atau yang lagi hamil boleh saja mengkonkumsi kopi asalkan tidak melebihi dari 400mg kafein per hari. Semua juga tergantung dari toleransi tubuh anda. Rutinitas minum kopi sudah menjadi bagian keseharian anda. akan tetapi, sebaiknya jangan berlebihan. Karena bisa berakibat fatal bagi Kesehatan sebab minum kopi yang berlebihan. Mau tau bahayanya ? langsung saja simak penjelasan berikut ini kenapa tidak oleh berlebihan, ini efek minum kopi bagi Wanita.

Biarpun banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan dari minum kopi, karena kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan fokus, menghilangkan kecapekan dan bisa membuat kita tetap bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Namun, apabila kita meminum kafein yang berlebihan malah akan berdampak negaif. Tidak hanya susah untuk tuidur, akan tetapi juga membuat kita mengalami cemas berlebihan. Banyak bahaya lain yang bisa kita dapatkan seperti penjelasan berikut ini :

Masalah Kesuburan

Masalah utama yang sangat berpengaruh terhadap Wanita apabila mengkonsumsi kopi secara berlebihan adalah menurunkan kesuburan, bahkan kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi peluang Wanita untuk hamil hingga 27%. Seperti yang telah dinyatakan oleh Bristish Journal of Pharmacology bahwa apabila Wanita mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat mengurangi aktifitas otot di tuba falopi. Maka pengaruhnya dapat menghambat perpindahan telur dari ovarium ke Rahim.

Gangguan Gejala Menopause

Menopause adalah berakhirnya siklus mentruasi secara alami, biasa menopause terjadi ketika Wanita memasuki usia 45 -55 tahun. Apabila keadaan Wanita sudah menopause, maka Wanita tersebut sudah tidak bisa hamil lagi. National Library Of Medicine  membuat sebuah penelitian dan menyatakan mengkonsumsi kafein bagi Wanita memiliki resiko lebih tinggi terhadap menopause daripada mereka yang tidak.

Memengaruhi asi

Biarpun dalam skala yang kecil, ibu menyusui yang mengkonsumsi kopi bisa membuat kafein masuk ke dalam asi. Maka dari itu, bayi yang menyusui juga kemungkinan akan menerima penumpukan kafein. Seperti yang dijelaskan dalam Journal of Caffeine Research, bayi tidak bisa memetabolisme atau mengeluarkan kafein dengan baik. Oleh karena itu, penumpukan kafein pada bayi akan menimbulkan banyak pengaruh seperti bayi suit tidur, rewel dan gelisah tak menentu.

  • Keguguran

Banyak peneliti yang menyatakan keguguran terjadi karena si ibu mengkonsumsi kopi. Apabila dalam 1 hari ibu hamil mengkonsumsi kafein lebih dari 300 mg kafein dapat menimbulkan resiko gangguan kehamilan seperti berikut ini :

  • Kaguguran
  • Gangguan perkembangan janin
  • Gangguan jantung pada janin

Seperti yang dikutip dalam National Institute of Health, mereka telah melakukan penelitian dan menyatakan bahwa mengkomsumsi kafein pada minggu pertama kehamilan selama tujuh hari berturut – turut mungkin bisa menyebabkan keguguran. Bahkan bahaya mengkonsumsi kopi yang berlebihan pada Wanita ingin hamil juga bisa berakibat fatal karena bisa mengganggu proses pembuahan.

  • Bayi Lahir Dengan Berat Rendah

Efek lain dari minum kopi terlalu banyak bagi wanita adalah bayi lahir dengan berat rendah. Dan ini jadi penyebab angka kesakitan dan kematian pada bayi. Tidak hanya itu, resiko lainnya yang lebih parah adalah bayi lebih gampang terkena penyakit diabetes dan kardiovaskules ketika dewasa. Tubuh sangat mudah menyerap  kafein yang ada pada kopi sehingga mudah masuk ke plasenta. Maka dari itu terjadilah penumpukan kafein dalam plasenta janin. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil menhindari konsumsi kopi atau kafein selama kehamilan.

Tinggalkan komentar