Manfaat Daun Tempuyung dan Cara Mengonsumsinya

manfaat daun tempuyung

Apakah anda pernah mendengan nama tanaman daun tempuyung ? tanaman ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mampu mengobati gangguan batu ginjal, mencegah hipertensi hingga mengobati peradangan. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia mempunyai daun yang sangat bagus untuk Kesehatan.

Manfaat Daun Tempuyung

Tanaman yang mempunyai nama latin Sonchus arvensis ini memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak nutrisi diantaranya vitamin, mineral dan senyawa alami lainnya. Sifat yang ada pada kandungan ini adalah anti bakteri, anti oksidan serta anti radang. Kandungan senyawa alami yang dimiliki tananama ini adalah asam amino, lipid, polifenol, coumarin, taraxasteril dan senyawa lainnya. Berikut ini manfaat daun tempunyung dan cara mengonsumsinya.

Mengatasi  Batu Ginjal

Alasan daun tempuyung mampu mengatasi batu ginjal adalah karena memiliki kandunagn kalium yang tinggi. Mineral ini bisa bereaksi dengan uraian kalsium karbinat serta zat lainnya yang dapat membuat batu ginjal hancur dan bisa larut untuk dikeluarkan melalui urine.

Megobati peradangan

Isi senyawa anti radang yang daun tempuyung punyai berguna dalam meredakan serta memerangi infeksi di dalan badan. Caranya cukup gampang hanya dengan meminum air rebusannya.

Mengurangi kandungan asam urat

Tidak hanya menghancurkarn batu ginjal, bermacam isi yang ada dalam daun tempuyung berguna dalam melarutkan kristal asam urat. Daun herbal ini bisa mendesak keluar kristal asam urat yang ada dalam pembuluh darah lewat urine.

Mengobati luka bakar atau memar

Selain mampu mengobati luka dalam, daun tempuyung juga mempunyai khasiat untuk menyembukan luka luar seperti luka bakar atau memar. Caranya cukup dengan menempelkan daun yang telah di tumbuk ke area yang sakit.

  • Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa tingkatkan resiko bermacam penyakit yang berbahaya, seperti jantung serta stroke. Salah satu kemampuan khasiat daun tempuyung merupakan membantu mengendalikan tekanan darah Kalian biar tidak melonjak tinggi.

  • Memiliki sifat anti tumor dan anti kanker

Dauan yang ada pada tumbuhan tempuyung memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi, salah satunya merupakan flavonoid yang bisa menyokong menghindari pembentukan radikal bebas di dalam badan. Sehingga, resiko terbentuknya tumor ataupun kanker juga bisa diturunkan.

Cara Mengonsumsinya

Ada bermacam – macam cara untuk mengonsumsi daun tempuyung tergantung dari manfaat yang bisa anda inginkan. Berikut ini adalah cara mengkonsumsi daun tempuyung yang benar :

  • Daun mentah tanaman tempuyung muda dapat anda konsumsikan dengan cara merebus atau memasak seperti daun bayam. Oleh karena rasanya yang sedikit pahit, tidak semua orang menyukai daun mud aini.
  • Cara lain yang juga bagus cara mengkonsumsi daun tempuyung adalah dengan merebus daunnya kemudian mengambil air bekas rendaman untuk di minum.
  • Cara terakhir memanfaatkan khasiat daun tembuyung adalah dengan menumbuk daunnya sampai keluar seratnya. Seratnya digunakan untuk mengompres sementara ampasnya bisa anda ggunakan untuk membalut luka.

Demikian review yang kami tulis tentang manfaat daun tempuyung dan cara mengonsumsinya. Pastikan anda tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan karena belum terbukti secara Ilmiah. Takutnya ada efek samping yang belum di ketahui. Apabila anda ingin mengkonsumsi tanaman ini dengan cara meminum, anda juga bisa mendapatkannya secara helbal karena lebih praktis.

Untuk mengonsumsi daun tempuyung secara herbal juga pastikan keamanannya.  Sebaiknya tanyakan dulu pada dokter sebelum mengonsumsikan jenis suplemen apapun termasuk daun tempuyung.

Tinggalkan komentar